Begini Cara Budidaya Ikan Cupang yang Benar

By | February 5, 2019

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari oleh para penghobi. Alasannya adalah ikan cupang mudah dibudidayakan, memiliki karakter yang unik, dan memiliki kelangsungan hidup yang luar biasa. Namun, hingga kini masih banyak yang belum mengetahui metode budidaya ikan cupang yang baik dan benar.
Budidaya ikan cupang hanya membutuhkan sedikit modal dan dapat dilakukan walaupun tidak memiliki lahan yang luas. Ikan cupang memiliki kemampuan bertahan lama dalam wadah sempit dengan volume air yang kecil. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk budidaya ikan Betta.

Pilih bibit atau peternak induk
Pilih benih atau ikan berkualitas. Sang induk terdiri dari ikan cupang jantan dan ikan cupang betina. Sang ibu harus dari keturunan superior, tidak sakit, tidak memiliki cacat bawaan, dan kondisinya dalam bentuk. Jika Anda membeli peternak atau bibit, pastikan penjualnya yang benar-benar memahami ikan cupang dan dapat dipercaya.

Karakteristik ikan cupang siap kawin
Jika induk telah diperoleh, langkah selanjutnya adalah pemijahan. Induk dari ikan cupang yang dapat dikawinkan adalah induk yang telah memasuki fase gonad. Karakteristik peternak jantan yang siap dikawinkan termasuk usia 4-8 bulan, gerakannya lincah dan sangat agresif, bentuk tubuh panjang, dan warna sirip cerah dan panjang.

Ayam betina yang siap kawin memiliki karakteristik termasuk mencapai usia 3-4 bulan, gerakan lambat dan tidak agresif, warna sirip tidak menarik, penampilan kusam dan pendek, perut buncit, dan bentuk tubuh bulat.

Dalam satu pemijahan, peternak ikan cupang betina dapat menghasilkan 800 hingga 1.000 telur. Telur akan menetas dalam waktu 24 jam setelah pembuahan. Ikan pisang jantan dapat dikawinkan hingga 6-8 kali dengan interval 2-3 minggu. Sementara itu, pemulia betina harus dikawinkan satu kali. Jika lebih dari satu kali dikawinkan, keturunannya akan menghasilkan ikan yang didominasi oleh jenis kelamin perempuan.

Memberi makan ikan cupang
Pakan diberikan sedikit tetapi sering. Dalam sehari beri makan 3-4 kali. Hindari makan sekaligus dalam jumlah besar, sehingga sisa-sisa pakan tidak mencemari air dan menyebabkan penyakit berkembang. Pakan yang disukai oleh ikan cupang adalah larva nyamuk, cacing sutra, dan kutu air. Pakan dapat diperoleh dengan membelinya di toko penjual pakan ikan.

Perawatan dan perawatan ikan cupang
Meskipun ikan cupang dapat bertahan hidup dalam kondisi air yang buruk, alangkah baiknya jika kita memberikan perawatan yang tepat. Ikan cupang dapat bertahan hidup cukup lama dalam air yang memiliki sedikit oksigen. Namun, agar ikan cupang tetap bugar dan sehat, Anda harus memperlakukan ikan cupang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *