Jenis-jenis Ikan Patin, Ikan Berdaging Lezat dan Gurih

By | December 16, 2018

Ikan Patin memiliki daging yang lezat dan gurih, halus, putih dan kental. Daerah penghasil ikan patin asli adalah Kalimantan dan Sumatra. Tapi, tahukah Anda, jenis-jenis ikan lele cukup banyak.
Apa saja tipenya? Ayo, simak ulasan berikut ini.

Pangasius polyuarando
Tubuh kucing putih ini bersinar seperti mutiara dengan punggung kehitaman. Panjang tubuhnya bisa mencapai 50 cm. Habitat ikan ini disebut juaro, yaitu sungai di Jawa, Kalimantan, Sumatra dan Thailand.

Pangasius micronemus
Jenis ikan ini terkenal dengan namanya sebagai ikan wakal, matanya sangat besar (sekitar seperempat dari panjang kepala). Wilayah penyebarannya di Kepulauan Sunda dan Thailand.

Pangasius pangasius Ham. Bunch
Patin jambal memiliki panjang hingga 120 cm dan dapat dikategorikan sebagai ikan yang cukup besar. Lele jambal semuanya omnivora. Makanannya berupa detritus, cacing, serangga, udang kecil, moluska, dan biji-bijian.

Pangasius macronema
Sering disebut sebagai ikan lancang. Ikan ini memiliki paruh lebih panjang dari kepala. Penyebarannya meliputi wilayah Kalimantan, Jawa, dan Indocina.

Pangasius nieuwenhuisii
Ikan lawang adalah nama lain untuk jenis lele ini. Ciri khasnya adalah bentuk moncong meruncing. Keunggulan tulang di dasar sirip dada meluas ke 2/3 atau 3/4 jarak dari ujung sirip dada. Memiliki wilayah distribusi di Kalimantan Timur.

Pangasius Nasutus
Ikan ini biasa disebut pedado. memiliki moncong runcing tajam dan sangat mencolok. Ukuran mata sangat kecil dan terletak di sudut mulut. Penyebaran jenis lele ini di Sumatera, Kalimantan, dan Malaysia.

Pangasius bocouruti
Jenis lele ini ditandai dengan tubuh yang gemuk dan berisi, dengan kepala lebih lebar dari panjangnya. Biru kehitaman di bagian belakang. Mulut lebih pijar dengan putih dan dagingnya putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *