Pakan Alternatif Belut yang Mudah Ditemukan dan Murah

By | March 6, 2018

Berikut beberapa pakan belut yang bisa digunakan, baik yang alami maupun buatan.

Cacing tanah
Cacing tanah dapat dengan mudah diperoleh bagi Anda yang membudidayakan belut dan ingin mendapatkan pakan alami ini. Selain mudah didapat, makanan alami ini berupa cacing tanah juga mengandung nutrisi yang kaya protein. Dengan begitu, bisa dikatakan makanan belut terbaik yang berasal dari alam.

Siput
Nutrisi pada siput juga baik untuk pertumbuhan belut yang dipelihara. Anda dapat dengan mudah mendapatkan siput di sekitar lingkungan Anda. Hewan ini adalah binatang seperti siput, tetapi hidup di darat. Karena hidup di darat, orang tidak perlu basah untuk mendapatkan makanan belut alami yang satu ini.

Keong siput atau nasi
Setelah keong, keong mas atau keong emas juga baik untuk membuat belut yang dibudidayakan. Untuk dapat memberikan siput mas ke belut yang dipelihara, Anda dapat mencari siput emas ini di sawah, sungai atau rawa. Siput atau keong siput juga termasuk dalam kelompok makanan alami yang baik untuk pengembangan belut.

Cacing sutra
Siapa yang tidak kenal dengan ulat sutra? Tentu saja hampir semua orang tahu jenis cacing ini. Cacing sutera juga baik untuk diberikan pada belut yang Anda hasilkan. Ini karena cacing sutra memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan belut.

Kepiting air tawar
Untuk makanan belut kelima ini, yang merupakan kepiting air tawar, mungkin tidak perlu terlalu sering diberikan kepada belut yang dipelihara. Sebab, fungsi memberi kepiting air tawar adalah untuk merangsang nafsu makan belut yang dibudidayakan. Kepiting air tawar biasa disebut yuyu di tanah Jawa, yang tentu saja bisa didapat di sekitar perairan tawar.

Pasta (pakan buatan)
Selain menggunakan beberapa makanan belut yang berasal dari alam, Anda dapat mencampur makanan buatan yang disebut pasta. Pasta ini dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan belut yang dibudidayakan. Pasta dibuat dari campuran beberapa bahan seperti daging, pelet ikan, dan tepung tapioka dicampur dengan air yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *